Cara Kerja Web adalah
1.Pengguna harus terkoneksi akses internet Conection.
2.Pengguna memasukkan atau menuliskan suatu alamat situs URL ke suatu web browser yang aktif, misalnya http://www.facebook.com
3.Selanjutnya Web browser mencari atau menjelajah situs yang kita inginkan.
4.Selanjutnya http atau Hypertext transfer protocol yang berfungsi sebagai protokol penyedia atau saluran data-data seperti gambar,text, dll meminta kepada web server untuk menampilkan alamat yang diminta untuk dapat diakses oleh si Pengguna.
5.Selanjutnya, setelah permintaan sampai ke web server tujuan, maka web server yang terdiri dari banyak data-data Web memberikan akses,
6.Setelah itu jika suatu URL yang akan diakses terdapat pada file-file Web-nya Web server, maka web server melanjutkkan proses respon balasan yaitu dengan mengirimkan data-data akses yang ada di web server tersebut dengan mengirimkan balasannya ke Penjelajah web atau web browser.
7.Jika suatu alamat situs yang kita inginkan tidak ada atau tidak tersedia di web server, maka web server akan memberi pesan kalau web sedang Down atau comment-comment lainnya.
8.Setelah itu ditampilkan tampilan alamat yang ingin diakses ke Pengguna melalui web browser atau penjelajah web sebagai interfacenya agar pengguna dapat melihat alamat situs yang dicari atau diinginkan.
9.Pengguna melakukan proses selanjutnya.
10. Selesai
11.Proses Kerja Web berulang sesuai perintah pengguna.